Proper review Indonesian beauty brands, please

Blog ini akan saya pakai untuk merekaman perjalanan saya dalam menggunakan merek kecantikan Indonesia.

Buat para cewek, udah gak usah ditanya lagi, perjalanan mencari produk kecantikan terbaik gak pernah berhenti. Yes, we’re so obsessed with beauty products!

Saya sendiri penggila produk kecantikan, sejak kecil. Makeup, skincare, bodycare, haircare… Pada awalnya, semua itu dilakukan demi terlihat cantik. Namun ternyata, nobody cares. Karena kebanyakan cewek sama kayak saya, pengen “dilihat” cantik. It’s myself, not others, gak kepikiran untuk “melihat.” Jadi sekarang saya sadar, obsesi produk kecantikan adalah demi diri sendiri merasa cantik. Tidak perlu “terlihat” yang merupakan afirmasi dari eksternal.

Saya adalah pengguna dan penggemar produk kecantikan Indonesia sejak lama, dan ingin lebih banyak menggunakan produk lokal. Saya percaya bahwa mendukung produk lokal adalah langkah awal untuk menjadi bangsa yang maju.

Banyak produk Indonesia yang sudah ada dan dikenal dari dulu, seperti Mustika Ratu, yang review produknya sudah seperti dongeng folklore: “sudah digunakan turun-temurun dari zaman nenek masih muda, pokoknya bagus tak diragukan lagi.”

Nyatanya produk kecantikan di Indonesia terus berkembang dan banyak yang baru. Dan sebagai generasi kritis, review ala folklore sudah tidak lagi relevan dan memuaskan. Kita butuh proper review: mengapa produk ini bagus, bagaimana cara kerjanya, apa gunanya.

Sebagai penggila produk kecantikan yang ingin menambah beauty haul merek lokal, jujur saya kesulitan menemukan that proper review. Apalagi di era influencer dan paid promotion sekarang, review adalah iklan, iklan adalah review. Hal ini menyulitkan saya untuk memutuskan produk yang mau saya pilih.

Sementara itu, untuk produk asing, review-nya bejibun. Saking bejibunnya, saya hilang fokus dalam memilih produk lokal karena informasi produk asing lebih lengkap, sehingga saya jadi lebih diyakinkan untuk mengeluarkan uang untuk produk asing.

Atas concern ini, saya mau berkomutmen menggunakan platform blog saya untuk memulai catatan review produk merek Indonesia secara proper. Mungkin bukan “proper” dalam konteks yang scientific, apalah saya ini anak ilmu sosial tanggung. Namun paling tidak saya ingin mengupas produk dari merek Indonesia melalui pengalaman saya menggunakannya dengan mencoba menjawab 5W + 1H. Harapannya, catatan saya dapat jadi pool of information yang bermanfaat untuk kamu dalam memutuskan untuk membeli produk Indonesia.

Kenapa harus produk buatan Indonesia?

Ada tiga alasan mendasar mengapa produk buatan Indonesia patut menjadi pilihan:

Pertama, murah. Murah karena tidak ada biaya impor. Kalaupun menggunakan bahan impor, dibuatnya di Indonesia. Murah bukan berarti gak berkualitas. Fyi guys, banyak produk “murah” buatan luar negeri dijual di Indonesia dengan harga selangit. Ngapain dibeli?

Kedua, it does the job dan cocok untuk cuaca tropis. Terdengar seperti tagline produk jadul? Trust me, it’s true. Saya sudah mengalami tinggal di cuaca empat musim. Banyak produk impor dari negara empat musim malah jadi overkill kalau dipakai di cuaca tropis. Ngapain bayar mahal untuk manfaat yang gak dibutuhkan?

Ketiga, mendukung produk lokal adalah investasi kecil membangun kemajuan bangsa kita. Di negara Amerika Utara yang merupakan produsen merek-merek raksasa, gerakan komunitas untuk mendukung produk lokal dengan skala bisnis terbatas sangat kuat, karena dari produk lokal lah lahir inovasi yang tidak dibayangkan sebelumnya.

Saya akan rutin posting berbagai review produk kecantikan Indonesia. Stay tune and I hope you enjoy it! 😊

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s