Review: Mustika Ratu Hair Tonic Penyubur Rambut

Mustika Ratu Hair Tonic Penyubur Rambut ini berfungsi layaknya tonik rambut pada umumnya.

Tonik rambut ini menjanjikan menyuburkan rambut agar tidak mudah rontok dan mengurangi gatal-gatal dan ketombe di rambut. Bahan utamanya adalah ekstrak kina dan urang aring yang memang merupakan bahan yang biasa dipakai untuk tonik rambut.

Bisa dibilang produk ini tidak terlalu “spesial” dibandingkan dengan Mustika Ratu Hair Oil Cem Ceman (baca review di sini). Namun demikian, tonik rambut ini saat digunakan dalam rangkaian perawatan rambut memberikan hasil yang diharapkan.
Manfaat utama yang saya perhatikan adalah tonik rambut ini memang sangat membantu mengurangi gatal-gatal di kulit kepala (Saya tidak punya masalah ketombe jadi saya tidak tahu apakah produk ini bermanfaat mengurangi ketombe). Di samping itu, saya juga perhatikan rambut saya jadi lebih cepat tumbuh sejak menggunakan tonik rambut ini. Rangkaian pemakaian minyak cem ceman juga membantu kengurangi rambut rontok.

Seperti halnya Mustika Ratu Hair Oil Cem Ceman, packaging produk ini sangat tidak ergonomis. Packaging tidak membantu untuk dapat mengaplikasikan produk dengan mudah. Saya coba tuang di telapak tangan, dan ketika saya coba gosokkan ke kulit kepala, pasti ada saja yang tumpah. Saya juga pernah coba tuang langsung dari botolnya ke kulit kepala, namun produk yang keluar terlalu banyak dan tidak bisa menyebar dengan baik di kulit kepala.

Untuk mengatasinya, saya tuangkan produk ke botol pipet (saya pakai botol bekas The Ordinary) dan aplikasikan ke rambut dengan pipet ke kulit kepala. Ini dapat menjadi metode mudah untuk aplikasikan tonik rambut, karena dengan pipet saya dapat kendalikan jumlah produk yang diaplikasikan sehingga tidak merembes dan tumpah kemana-mana.

Produk ini paling optimal diaplikasikan setiap habis keramas.

Sama halnya dengan minyak cem ceman, produk ini sudah ada sejak lama dan tersedia di mana-mana, baik di supermarket, atau di toko online mustika ratu dan hampir tidak pernah out of stock. Kalau kamu punya masalah rambut yang sama dengan saya, tidak ada salahnya untuk coba.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s